PERKEMBANGAN HARDWARE, SOFTWARE DAN INTERNET
PERKEMBANGAN HARDWARE, SOFTWARE DAN INTERNET
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang
telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, semoga kita
senantiasa dalam lindunganNYA.
Terimakasih kami sampaikan kepada
Bapak Barin Barlian, S.E., MM, Dosen mata kuliah Pengantar Hardware, sehingga
makalah “Perkembangan Hardware, Software dan Internet” ini dapat kami selesaikan dengan baik.
Kami menyadari bahwa makalah ini belumlah sempurna
seperti yang diharapkan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan
kritik dan saran dari pembaca yang bersifat membangun, demi sempurnanya makalah
ini.
Semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi semua
pembaca.
Terimakasih
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB 1. PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
1.2 Tujuan
BAB II. PERKEMBANGAN HARDWARE
BAB III. PERKEMBANGANGAN SOFTWARE
3.1 Pengertian
Software
3.2 Sejarah
Perkembangan Software
a. Era
pioner
b. Era
stabil
c. Era
mikro
d. Era
modern
3.3 Perkembangan
Software saat ini
3.4 Klasifikasi Software
BAB IV. PERKEMBANGAN INTERNET
4.1 Perkembangan
Internet
4.2 Bahaya
Internet
4.3 Pembahasan
BAB V. PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Terciptanya komputer diawali dengan
perkembangan alat hitung, maka dalam meninjau perkembangan komputer kita tak
lepas dari perkembangan alat hitung. Alat hitung tertua yang sekarang masih
digunakan adalah abacus (di Indonesia dikenal dengan nama sempoa) alat ini
berasal dari Timur Tengah dikena di Eropa pada Marcopolo.
Komputer digunakan orang untuk meningkatkan
hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. Yang menjadi pemroses data atau
pemecah masalah itu adalah perangkat lunak. Bentuk terkecil dari perangkat
lunak adalah operasi aritmatik (+, -, :, x) dan logika (AND, OR, >, <,
=). Dari operasi dasar ini disusun program atau perangkat lunak.
Di
tahun 1980 masih banyak diantara kita di Indonesia yang belum melek komputer,
sehingga pada saat itu kita sudah sangat bangga jika menggunakan mesin tik
elektronik. Tahun 1987, kita mulai mengenal komputer ber-prosesor 286, dimana
untuk menghidupkannya masih menggunakan disket DOS. Selain itu sistem operasi
pada saat itu msih belum open system, sehingga sistem PC tidak dapat
berkomunikasi dengan sistem lainnya yaitu Mac. Untuk mengirimkan files kepada
seseorang yang berlainan kota, kita masih membutuhkan jasa pos atau kurir.
Tahun 1990, orang Indonesia dengan bangganya menenteng organizer elektronis
bermemori 2 MB untuk dapat disebut melek teknologi.
Komputer membutuhkan data atau
fakta, dimana data ini pada saat diinput akan diterjemahkan menjadi bilangan
biner. Mesin komputer memproses fakta atau data menjadi suatu informasi yang
berguna bagi penggunanya. Dengan Komputer diharapkan dapat meningkatkan hasil
kerja dan memecahkan berbagai masalah. Sebelum menjadi informasi data tersebut
diproses melalui hardware yang terletak pada CPU dengan menggunakan perangkat
lunak. Perangkat lunak atau software adalah program dari komputer. Perangkat
lunak adalah program yang berisi instruksi untuk melakukan proses pengolahan
data. Saat ini, tingkat pemrosesan yang dikerjakan perangkat lunak bersifat
machine-like (keinginan mesin) mulai berubah dengan sifat human-like (keinginan
manusia). Di dalam teori informasi, disusun hirarki informasi, mulai dari data/
fakta, kemudian setelah proses seleksi dan pengurutan menjadi sesuatu yang berguna
menjadi informasi. Informasi yang di susun secara sistematis dengan suatu alur
logika tertentu menjadi knowledge (pengetahuan). Perangkat Keras tidak akan
berfungsi tanpa adanya perangkat lunak begitu pula sebaliknya perangkat lunak
tidak berfungsi tanpa adanya perangkat keras. Kedua perangkat tersebut memang
saling berkaitan sehingga komputer dapat berfungsi dengan baik. Perkembangan
teknologi terutama dalam perangkat keras terus diimbangi oleh perangkat
lunaknya sehingga penggunaan komputer lebih maksimal.
Karena perkembangan teknologi semakin
canggih dari tahun ke tahun, maka dengan ini saya akan membahas makalah tentang
“Pekembangan Perangkat Hawrdware,
Software dan Internet”. Semoga dapat memberikan sedikit pengalaman bagi
yang membaca.
1.2
Tujuan
Tujuan dari makalah ini adalah Penulis ingin mengetahui:
a.
Perkembangan
Perangkat Hardware
b.
Perkembangan
Perangkat Software
c.
Perkembangan
Internet.
BAB II
PERKEMBANGAN HARDWARE
Perkembangan hardware komputer semakin cepat dari yang sederhana sampai ke hardware yang paling kompleks. Namun dilihat dari sejarahnya, perkembangan komputer diawali oleh kebutuhan manusia untuk melakukan pemrosesan data secara lebih mudah, walaupun prinsip itu tetap berlaku, namun akhir-akhir ini kelihatannya perkembangan hardware komputer lah yang mampu menciptakan “kebutuhan-kebutuhan” dan peluang baru, sebagai contoh: ketika ditemukan komponen-komponen hardware yang lebih kecil dan ipod muncul maka tercipta kebutuhan baru di dunia musik, hal ini juga mampu merubah kondisi industri musik itu sendiri.
Perkembangan hardware komputer itu sendiri adalah sebuah evolusi dari berbagai alat pengolahan data. Adalah seorang Charles Babbage yang pertama kali mengenalkan komputer yang pertama, namun pada periode ini komputer digunakan hanya untuk operasi matematika, baru setelah tahun 1940 komputer digunakan untuk pengolahan data yang lebih luas.
Berikut
adalah perkembangan generasi komputer setelah tahun 1940 :
· Generasi Pertama (tahun 1940-1959). Pada generasi ini komputer
menggunakan tabung untuk memproses data dan menyimpan data. Beberapa komputer
yang lahir pada generasi ini adalah ENIAC, EDVAC, EDSAC.
· Generasi Kedua (tahun 1959-1964). Penemuan transistor pada tahun
1948 adalah salah satu faktor yang membuat generasi komputer ini lahir.
Komputer pada generasi ini jauh lebih kecil karena menggunakan transistor untuk
menggantikan tabung vakum yang ukurannya lebih besar. Pada periode ini pula,
bahasa pemrograman sudah mulai dikenal untuk menggantikan bahasa mesin pada
generasi sebelumnya sehingga menyebabkan ada beberapa profesi baru yang
bermunculan seperti programmer, analyst dan ahli sistem komputer.
· Generasi Ketiga (1964-awal80an). Generasi ini dipengaruhi oleh
penemuan IC dan chip untuk mengatasi kekurangan transistor yang cepat panas.
Komputer generasi ini pun membuat komputer menjadi lebih kecil karena komponen yang banyak dapat dipadatkan
dalam satu chip. Generasi ini pula
ditemukan systemoperasi.
· Generasi keempat(awal80an-??). Generasi ini adalah pengembangan
dari mikroprosesor untuk membuat komputer lebih bisa melakukan tugas-tugas yang
lebih kompleks. Personal Komputer dikenal pada generasi ini.
· Generasi kelima. Generasi ini memungkinkan komputer masadepan untuk
lebih dapat berinteraksi dengan manusia.
Secara
garis besar, hardware pada PC itu dibagi menjadi 5 bagian utama, yaitu :
1.
CPU
2.
Memory
Utama
3.
Piranti
Input & Piranti Outputm
4.
Mediapenyimpanan.
CPU atau prosessor ini merupakan komponen pemrosesan logika dan aritmatika serta mengendalikan komputer. Kecepatan pemrosesan ditentukan oleh kecepatan clock dari control unitnya. Perhitungannya dalam satuan hertz, semakin besar nilainya semakin cepat clocknya. Contoh Intel Core i7 2.93 Ghz artinya kecepatan clock dari control unitnya adalah2.93Ghz.
Memory berfungsi menyimpan data dan instruksi yang sedang dijalankan. Ada 2 jenis memory, yang pertama adalah RAM dan yang kedua adalah ROM. ROM ini menyimpan data dan instruksi yang disediakan oleh vendor komputer dan hanya bisa dibaca. Satuan dari kinerja RAM adalah bit atau byte, semakin besar nilainya semakin besar kapasitasnya. Contoh RAM 4 GB artinya RAM mempunyai kapasitasnya sebesar 4 Gigabyte.
Ouput dan input devices ini berfungsi untuk menjembatani antara komputer dengan lingkungan luarnya. Input Devices adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data, bisa berupa keyboard, scanner, mouse, barcode, dll. Sedangkan untuk Output devices adalah alat yang digunakan untuk mengeluarkan hasil dari pemrosesan data, bisa berupa monitor, printer, speaker dll.
CPU atau prosessor ini merupakan komponen pemrosesan logika dan aritmatika serta mengendalikan komputer. Kecepatan pemrosesan ditentukan oleh kecepatan clock dari control unitnya. Perhitungannya dalam satuan hertz, semakin besar nilainya semakin cepat clocknya. Contoh Intel Core i7 2.93 Ghz artinya kecepatan clock dari control unitnya adalah2.93Ghz.
Memory berfungsi menyimpan data dan instruksi yang sedang dijalankan. Ada 2 jenis memory, yang pertama adalah RAM dan yang kedua adalah ROM. ROM ini menyimpan data dan instruksi yang disediakan oleh vendor komputer dan hanya bisa dibaca. Satuan dari kinerja RAM adalah bit atau byte, semakin besar nilainya semakin besar kapasitasnya. Contoh RAM 4 GB artinya RAM mempunyai kapasitasnya sebesar 4 Gigabyte.
Ouput dan input devices ini berfungsi untuk menjembatani antara komputer dengan lingkungan luarnya. Input Devices adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data, bisa berupa keyboard, scanner, mouse, barcode, dll. Sedangkan untuk Output devices adalah alat yang digunakan untuk mengeluarkan hasil dari pemrosesan data, bisa berupa monitor, printer, speaker dll.
MediaPenyimpanan, media
ini berfungsi untuk menyimpan data secara permanen yang nantinya bisa dibaca
kembali, bisa berupa harddisk, flashdisk, CD, DVD dan yang sudah mulai
ditinggalkan adalah disket. Satuan kapasitasnya adalah bit atau byte, semakin
besar nilainya semakin besar kapasitasnya. Contoh Harddisk 160GB artinya
kapasitas penyimpanan harddisk tersebut adalah160Gigabyte.
Selain 5 komponen diatas, sebenarnya ada beberapa komponen tambahan yang berfungsi untuk menambah performansi dari komputer itu sendiri, seperti LANcard, Wifi untuk perangkat networking dengan satuan bitpersecond (bps), videocard untuk menghasilkan output gambar ke monitor dengan satuan byte.
Contoh pembacaan spesifikasi komputer Dell Studio XPS 8100 adalah Core i7-870 2.93 GHz, 4GB DDR3, 640GB HDD SATA, DVD±RW, GbE NIC, VGA NVIDIA GeForce GT220 1GB artinya komputer tersebut didukung oleh prosesor Intel core i7-870 dengan clock 2.93 Ghz dan kapasitas media penyimpanan harddisk sebesar 640GB, RAM sebesar 4 GB, dan videocard sebesar 1GB.
Selain 5 komponen diatas, sebenarnya ada beberapa komponen tambahan yang berfungsi untuk menambah performansi dari komputer itu sendiri, seperti LANcard, Wifi untuk perangkat networking dengan satuan bitpersecond (bps), videocard untuk menghasilkan output gambar ke monitor dengan satuan byte.
Contoh pembacaan spesifikasi komputer Dell Studio XPS 8100 adalah Core i7-870 2.93 GHz, 4GB DDR3, 640GB HDD SATA, DVD±RW, GbE NIC, VGA NVIDIA GeForce GT220 1GB artinya komputer tersebut didukung oleh prosesor Intel core i7-870 dengan clock 2.93 Ghz dan kapasitas media penyimpanan harddisk sebesar 640GB, RAM sebesar 4 GB, dan videocard sebesar 1GB.
BAB III
PERKEMBANGAN SOFTWARE
3.1 Pengertian Software
Kumpulan dari pada intruksi atau statement yang di susun secara
logis dan berbentuk kode yang hanya dapat di mengerti oleh komputer.Software
Komputer ini berangsur-angsur mengalami peningkatan atau perubahan dari tahun
ke tahun dalam perkembangannya.
Kebanyakan masyarakat saat ini membagi komputer menjadi dua bagian.
Bagian pertama adalah hardware yang merupakan perangkat fisik yang ada di dalam
komputer. Dan bagian yang kedua adalah software komputer, yang memberitahukan
hardware mengenai apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. Apabila
diibaratkan bahwa komputer adalah makhluk hidup, maka hardware adalah tubuhnya seperti
mata untuk melihat, paru-paru untuk bernapas dan bagian tubuh lainnya,
sedangkan perangkat lunak atau software diibaratkan sebagai kepintarannya,
seperti memproses gambar yang dilihat mata, memerintahkan tangan untuk
mengangkat objek, dan memaksa tubuh untuk menarik nafas dengan menggunakan
paru-paru.
Software komputer dikembangkan agar binary dapat menjadi jalan
untuk memberitahukan komputer hardware dalam melakukan tugasnya. Software
Komputer menterjemahkan dan mengarahkan pengguna komputer agar mengerti
mengenai apa yang dapat dilakukan oleh komputer hardware.
Sebagian besar dari software komputer dibuat oleh programmer dengan
menggunakan bahasa pemrograman.Programer menuliskan perintah dalam bahasa
pemrograman seperti layaknya bahasa yang digunakan oleh orang pada umumnya
dalam melakukan perbincangan.Perintah-perintah tersebut dinamakan “Source
Code”.Program komputer lainnya dinamakan Compiler yang digunakan pada source
code, dan kemudian mengubah perintah tersebut ke bahasa yang dapat dimengerti
oleh komputer.Dan hasilnya dinamakan program executable (EXE).
3.2 Sejarah Perkembangan
Software
Dibagi dalam beberapa era yaitu Era Pioneer, Stabil, Mikro, dan
Modern. Berikut adalah Sejarah Perkembangan Software Komputer :
1. Era Pioneer.
Pada Era Pioneer ini bentuk software komputer pada awalnya adalah
sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses
komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi.
Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program
digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu.
2. Era Stabil.
Pada Era Stabil ini baris-baris perintah software komputer yang
dijalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah banyak proses yang di
lakukan secara bersamaan (multi tasking). Software Komputer pada era ini juga
mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) dan secara cepat/langsung
(real time). Di era ini jugalah mulai di kenal sistem basis data, yang
memisahkan antara program dan data .3
3. Era Mikro.
Pada Era Mikro ini software komputer dapat dibedakan menjadi
beberapa bagian yaitu Software Sistem (Windows, Linux, Machintos, dll),
Software Aplikasi (Ms.Office,OpenOffice, dll) dan
Languange Software/Bahasa Pemograman (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll)
4. Era Modern.
Pada Era Modern ini software komputer tidak hanya untuk
sebuah komputertetapi sebuah
handphone pun telah di lengkapi dengan sebuah software sistem seperti Android,
Symbian, dll. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh software komputer pun
semakin meningkat, selain permasalahan teknis, software komputer sekarang juga
mulai bisa mengenal suara dan gambar.
Jika kita amati sekarang ini gerakan Open Source sudah mulai
merambah di Indonesia yang identik dengan Sistem Operasi Linux. Open Source
yang akrab terdengar di telinga orang-orang TI dapat dikatakan sebagai source
code yang terbuka bagi siapa saja yang ingin mempelajari maupun ikut
mengembangkan. Source Code ini disertakan dengan distribusi paket software yang
sudah jadi (hasil kompilasi) sehingga pembeli ataupun pengguna software dapat
membedah software tersebut sesuai dengan keperluanya. Bahkan dapat ikut
memperbaiki Bug atau kesalahan logika dalam software tersebut.
Salah satu Open Source yang sangat terkenal yaitu sistem operasi
linux, setiap distribusinya vendor selalu menyertai source kode linux.Satu hal
yang perlu ditekankan bahwa software open source tidak selalu gratis tetapi ada
biaya yang dikeluarkan untuk membeli software tersebut.Sebagai contoh Sistem
Operasi RedHat Linux yang dapat dibeli dengan harga yang murah. Lalu apa
bedanya Sistem Operasi Open Source dengan Sistem Operasi Close Source seperti
yang dipunyai pak Bill Gates?
Pada software yang Close Source, paket software tidak dapat
didistribusikan lagi selain oleh pembuat/vendor software tersebut.Sedangkan
software yang Open Source dapat didistribusikan secara bebas oleh siapapun.
Tujuan Open Source ini sebenarnya ingin menghilangkan ketergantungan vendor
software, dimana vendor dapat bertindak seenaknya bisa saja vendor menyisipkan
kode-kode yang dapat membahayakan software aplikasi lain termasuk juga
menaikkan harga lisensi.
Dalam banyak kasus, bila terjadi Bug dalam software yang Close
Source pengguna sangat tergantung kepada vendor yang harus menunggu update
untuk memperbaikinya. Seringkali vendor kurang cepat merespons perkembangan
terkini dan permintaan pengguna.
Bagaimana dengan Open Source?Ya, Open Source adalah salah satu
solusi yang menjanjikan saat ini bagi suatu perusahaan.Perusahaan dapat
membelinya dengan biaya yang jauh lebih murah dan perbaikan maupun keperluan
software tersebut dapat dilakukan oleh staf TI perusahaan itu sendiri. Sehingga
apa yang terjadi? Dengan software yang open source dapat mendorong semangat
tenaga-tenaga TI untuk mempelajari source code tersebut, dapat menganalisa
dimana kelemahan software, apa sesungguhnya proses yang berlangsung dalam kerja
software, dan sekaligus mencari solusi terhadap kelemahan software yang
ditemui. Atau yang lebih ekstrim adalah memodifikasi software sedemikian rupa
agar lebih ergonomis pas digunakan sesuai dengan keperluan.
Apa hubungannya dengan perkembangan software di Indonesia? Kita
lihat India, ekspor software dan ekspor tenaga TI sangat mendominasi negara
ini.Saat ini India telah menduduki urutan kedua setelah US dalam ekspor
software.Perusahaan-perusahaan software di India tumbuh dengan subur karena
produk/software lokal mereka mendapat tempat di pasar dalam negeri. Secara
otomatis jika software lokal diterima oleh pasar dalam negeri maka pemerintah
dapat mengurangi penggunaan devisa negara dan mengurangi tingkat ketergantungan
impor teknologi atau software dan tenaga ahli, meningkatkan kapasitas tenaga TI
dalam negeri, dan membuka kesempatan kepada industri pengembang software lokal.
Sehingga dengan adanya peningkatan kapasitas tenaga TI dan kualitas produksi
software maka negara ini mampu melempar keluar hasil produksi dan tenaga TI-nya
ke pasar luar negeri.Mungkinkah hal ini terjadi di Indonesia?
Open Source secara tidak langsung mendorongan tenaga TI tidak hanya
menjadi End User yang hanya mampu memanfaatkan hasil kerja orang lain. Dengan
demikian jika tenaga TI negeri kita hanya berlaku sebagai End User maka bidang
TI negara kita akan tertinggal dengan negara-negara lain. Maka dengan adanya
Open Source dapat dipelajari source code software dan dapat menganalisa teknik
yang digunakan dalam pembuatan software tersebut yang nantinya pengetahuan
tersebut dapat dimanfaatkan untuk merancang aplikasi yang berguna.
3.3 Perkembangan Software saat ini
Komputer membutuhkan data atau fakta, dimana data ini pada saat
diinput akan diterjemahkan menjadi bilangan biner. Saat ini, tingkat pemrosesan
yang dikerjakan perangkat lunak bersifat machine-like (keinginan mesin) mulai
berubah dengan sifat human-like (keinginan manusia).
Kemampuan komputer dirasakan sangat berkaitan dengan perangkat
keras dan perangkat lunaknya, maka dari itu diperlukan perangkat lunak yang
benar-benar mendukung perangkat kerasnya.Bentuk paling sederhana dari perangkat
lunak, menggunakan aljabar Boolean, yang di representasikan sebagai binary
digit (bit), yaitu 1 (benar) atau 0 (salah), cara ini sudah pasti sangat
menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4
bit), byte (8 bit), word (16 bit), double word (32 bit).
Kelompok-kelompok bit ini di susun ke dalam struktur instruksi
seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk
bit ini di ubah menjadi kode-kode yang di kenal sebagai assembler. Kode-kode mesin
sendiri masih cukup menyulitkan karena tuntutan untuk dapat menghapal kode
tersebut dan format (aturan) penulisannya yang cukup membingungkan, dari
masalah ini kemudian lahir bahasa pemrograman tingkat tinggi yang seperti
bahasa manusia (bahasa Inggris). Saat ini pembuatan perangkat lunak sudah
menjadi suatu proses produksi yang sangat kompleks, dengan urutan proses yang
panjang dengan melibatkan puluhan bahkan ratusan orang dalam pembuatannya.
3.4 Klasifikasi
Software
Perangkat lunak secara umum dapat di bagi 2 yaitu perangkat lunak
sistem dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi
menjadi 3 macam yaitu :
1. Bahasa pemrograman
Merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur
dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan
komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++,
FORTRAN
2. Sistem Operasi
Saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang
pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses,
menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori
dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi :
DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2, Apple’s System 7
3. Utility
Sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi
tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting),
memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk
(partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility
Perangkat lunak aplikasi merupakan bagian perangkat lunak yang
sangat banyak di jumpai dan terus berkembang. Sebelum tahun 1990-an aplikasi
yang di kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus
123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game). Pada perkembangan
pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di bundel menjadi aplikasi office
dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan presentasi yang nanti akan di
berikan pada pelatihan ini. Contoh aplikasi office adalah Microsoft
Office yang terdiri dari Word(pemroses kata), Excel (pemroses tabel), Access
(database), dan PowerPoint (presentasi). Yang berkembang sangat banyak saat ini
adalah aplikasi multimedia dan internet. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp
untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio, kemudian RealPlayer yang dapat
digunakan untuk menonton film atau VCD. Aplikasi internet yang umum di gunakan
adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger.
Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu
pekerjaan Engineer seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian
elektronik), dan Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis).
BAB IV
PERKEMBANGAN
INTERNET
4.1 Perkembangan
Internet
Teknologi informasi telah membuka mata dunia akan sebuah dunia
baru, interaksi baru, market place baru, dan sebuah jaringan bisnis dunia yang
tanpa batas. Disadari betul bahwa perkembangan teknologi yang disebut internet,
telah mengubah pola interaksi masyarakat, yaitu interaksi bisnis, ekonomi,
sosial, dan budaya. Internet telah memberikan kontribusi yang demikian besar
bagi masyarakat, perusahaan/ industri maupun pemerintah. Hadirnya internet
telah menunjang efektifitas dan efisiensi operasional perusahaan, terutama
peranannya sebagai sarana komunikasi, publikasi, serta sarana untuk mendapatkan
berbagai informasi yang dibutuhkan oleh sebuah badan usaha dan bentuk badan
usaha atau lembaga lainya. Perkembangan teknologi informasi internet telah
memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia. Dengan adanya teknologi
internet telah merubah gaya hidup masyarakat Indonesia yang primitif menuju
masyarakat modern. dampak positif dari sebuah teknologi internet di indonesia
yanitu dapat memudahkan pencarian informasi, artikel, lowongan pekerjaan, dan
masih banyak lagi. Tetapi disamping ada sisi positifnya juga tidak terlepas
dari sisi negatif antara lain membuat manusia menjadi malas. Jika kita
mengambil contoh dalam kehidupan sehari-hari seperti penjualan online/Bisnis Online
(e-commerce), pendafataran masuk perguruan tinggi online, pendaftaran CPNS
online, itu semua juga berkat dari perkembangan teknologi internet di
indonesia. Hampir sebagian besar aktifitas masyarakat di indonesia sudah mulai
menggunakan teknologi internet. Bahkan layanan internetpun sudah mulai merambak
kepelosok desa, contoh saja sekarang warnet mulai bermunculan di setiap kota di
indonesia.
4.2 Bahaya Internet
Seiring dengan perkembangan internet hadir pula dampak negatif
yang timbul dan berkembang, membuat suatu paradigma bahwa tidak ada komputer
yang aman kecuali dipendam dalam tanah sedalam 100 meter dan tidak memiliki
hubungan apapun juga.Kejahatan cyber atau lebih dikenal dengan cyber
crime adalah suatu bentuk kejahatan virtual dengan memanfaatkan media
komputer yang terhubung ke internet, dan mengekploitasi komputer lain yang
terhubung juga pada internet. Adanya lubang-lubang keamanan pada
system operasi menyebabkan kelemahan dan terbukanya lubang yang dapat
digunakan para hacker, cracker dan script kiddies untuk
menyusup ke dalam computer tersebut. Kejahatan yang terjadi dapat berupa:
1. Pencurian
terhadap data
2. Akses terhadap
jaringan internal
3. Perubahan
terhadap data-data penting
4. Pencurian
informasi dan berujung pada penjualan informasi
Seperti seorang hacker dapat masuk
ke dalam suatu sistem jaringan perbankan untuk mencuri informasi nasabah yang
terdapat di dalam server mengenai data base rekening bank tersebut, karena
dengan adanya e-banking jaringan tersebut dapat dikatakan terbuka serta dapat
diakses oleh siapa saja. Walaupun pencurian data yang dilakukan sering tidak
dapat dibuktikan secara kasat mata karena tidak ada data yang hilang tetapi
dapat diketahui telah diakses secara ilegal dari sistem yang dijalankan. Tidak
kurang menghebohkannya adalah beredarnya gambar-gambar porno hubungan
seksual/pornografi. Gambar-gambar tersebut beredar secara luas di Internet baik
melalui e-mail maupun dalam tampilan website yang dapat disaksikan oleh siapa
saja secara bebas. Pengungkapan kejahatan ini masih sangat kecil sekali,
dikarenakan banyak kendala dan hambatan yang dihadapi dalam upaya
pengungkapannya. Saat ini, bagi mereka yang senang akan perjudian dapat juga
melakukannya dari rumah atau kantor hanya dengan mengakses situs www.indobetonline.com atau www.tebaknomor.com dan
banyak lagi situs sejenis yang menyediakan fasilitas tersebut dan memanfaatkan
fasilitas Internet banking untuk pembayarannya. E-commerce tidak sedikit
membuka peluang bagi terjadinya tindak pidana penipuan, seperti yang dilakukan
oleh sekelompok pemuda di Medan yang memasang iklan di salah satu website
terkenal “Yahoo” dengan seolah-olah menjual mobil mewah Ferrary dan Lamborghini
dengan harga murah sehingga menarik minat seorang pembeli dari Kuwait.
Perbuatan tersebut dapat dilakukan tanpa adanya hubungan terlebih dahulu antara
penjual dan pembeli, padahal biasanya untuk kasus penipuan terdapat hubungan
antara korban atau tersangka.
Dunia perbankan melalui Internet (ebanking) Indonesia, dikejutkan oleh ulah seseorang bernama Steven Haryanto, seorang hacker dan jurnalis pada majalah Master Web. Lelaki asal Bandung ini dengan sengaja membuat situs asli tapi palsu layanan Internet banking Bank Central Asia, (BCA). Steven membeli domain-domain dengan nama mirip www.klikbca.com (situs asli Internet banking BCA), yaitu domain wwwklik-bca.com, kilkbca.com, clikbca.com, klickca.com. dan klikbac.com. Isi situs-situs plesetan inipun nyaris sama, kecuali tidak adanya security untuk bertransaksi dan adanya formulir akses (login form) palsu. Jika nasabah BCA salah mengetik situs BCA asli maka nasabah tersebut masuk perangkap situs plesetan yang dibuat oleh Steven sehingga identitas pengguna (user id) dan nomor identitas personal (PIN) dapat di ketahuinya. Diperkirakan, 130 nasabah BCA tercuri datanya. Menurut pengakuan Steven pada situs bagi para webmaster di Indonesia, www.webmaster.or.id.
Dunia perbankan melalui Internet (ebanking) Indonesia, dikejutkan oleh ulah seseorang bernama Steven Haryanto, seorang hacker dan jurnalis pada majalah Master Web. Lelaki asal Bandung ini dengan sengaja membuat situs asli tapi palsu layanan Internet banking Bank Central Asia, (BCA). Steven membeli domain-domain dengan nama mirip www.klikbca.com (situs asli Internet banking BCA), yaitu domain wwwklik-bca.com, kilkbca.com, clikbca.com, klickca.com. dan klikbac.com. Isi situs-situs plesetan inipun nyaris sama, kecuali tidak adanya security untuk bertransaksi dan adanya formulir akses (login form) palsu. Jika nasabah BCA salah mengetik situs BCA asli maka nasabah tersebut masuk perangkap situs plesetan yang dibuat oleh Steven sehingga identitas pengguna (user id) dan nomor identitas personal (PIN) dapat di ketahuinya. Diperkirakan, 130 nasabah BCA tercuri datanya. Menurut pengakuan Steven pada situs bagi para webmaster di Indonesia, www.webmaster.or.id.
Selain carding, masih banyak lagi kejahatan yang memanfaatkan
Internet. Tentunya masih hangat dalam pikiran kita saat seorang hacker bernama
Dani Hermansyah, pada tanggal 17 April 2004 melakukan deface (Deface disini
berarti mengubah atau mengganti tampilan suatu website) dengan mengubah
nama-nama partai yang ada dengan nama-nama buah dalam websitewww.kpu.go.id, yang mengakibatkan berkurangnya kepercayaan masyarakat terhadap
pemilu yang sedang berlangsung pada saat itu. Dikhawatirkan, selain nama–nama
partai yang diubah bukan tidak mungkin angka-angka jumlah pemilih yang masuk di
sana menjadi tidak aman dan dapat diubah, padahal dana yang dikeluarkan untuk
sistem teknologi informasi yang digunakan oleh KPU sangat besar sekali.
Teknik lain adalah yang memanfaatkan celah sistem keamanan server
alias hole Cross Server Scripting (XXS) yang ada pada suatu situs. XXS adalah
kelemahan aplikasi di server yang memungkinkan user atau pengguna menyisipkan
baris-baris perintah lainnya. Biasanya perintah yang disisipkan adalah
Javascript sebagai jebakan, sehingga pembuat hole bisa mendapatkan informasi
data pengunjung lain yang berinteraksi di situs tersebut. Makin terkenal sebuah
website yang mereka deface, makin tinggi rasa kebanggaan yang didapat. Teknik
ini pulalah yang menjadi andalan saat terjadi cyberwar antara hacker Indonesia
dan hacker Malaysia, yakni perang di dunia maya yang identik dengan perusakan
website pihak lawan.
4.3 Pembahasan
Dari kasus yang telah terjadi diatas dapat diketahui bahwa
kejahatan ini tidak mengenal batas wilayah (borderless) serta waktu kejadian
karena korban dan pelaku sering berada di negara yang berbeda. Semua aksi itu
dapat dilakukan hanya dari depan komputer yang memiliki akses Internet tanpa
takut diketahui oleh orang lain/saksi mata, sehingga kejahatan ini termasuk
dalam Transnational Crime/kejahatan antar negara yang pengungkapannya sering
melibatkan penegak hukum lebih dari satu negara. Mencermati hal tersebut
dapatlah disepakati bahwa kejahatan IT/Cybercrime memiliki karakter yang
berbeda dengan tindak pidana umum baik dari segi pelaku, korban, modus operandi
dan tempat kejadian perkara sehingga butuh penanganan dan pengaturan khusus di
luar KUHP.
Perkembangan teknologi informasi yang demikian pesatnya haruslah
diantisipasi dengan hukum yang mengaturnya dimana kepolisian merupakan lembaga
aparat penegak hukum yang memegang peranan penting didalam penegakan hukum,
sebab tanpa adanya hukum yang mengatur dan lembaga yang menegakkan maka dapat
menimbulkan kekacauan didalam perkembangannya. Dampak negative tersebut
menimbulkan suatu kejahatan yang dikenal dengan nama “CYBERCRIME” yang tentunya
harus diantisipasi dan ditanggulangi.
Menjawab tuntutan dan tantangan komunikasi global lewat Internet,
Undang-Undang yang diharapkan (ius konstituendum) adalah perangkat hukum yang
akomodatif terhadap perkembangan serta antisipatif terhadap permasalahan,
termasuk dampak negatif penyalahgunaan Internet dengan berbagai motivasi yang
dapat menimbulkan korban-korban seperti kerugian materi dan non materi. Saat
ini, Indonesia belum memiliki Undang-Undang khusus/cyber law yang mengatur
mengenai cybercrime walaupun rancangan undang-undang tersebut sudah ada sejak
tahun 2000 dan revisi terakhir dari rancangan undang-undang tindak pidana di
bidang teknologi informasi sejak tahun 2004 sudah dikirimkan ke Sekretariat
Negara RI oleh Departemen Komunikasi dan Informasi serta dikirimkan ke DPR
namun dikembalikan kembali ke Departemen Komunikasi dan Informasi untuk
diperbaiki.
BAB V
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Perkembangan hardware tersebut dapat
disimpulkan bahwa hardware komputer bergerak ke arah yang lebih kecil, mobile,
kapasitas penyimpanan besar, handal dalam pemrosesan data, serta output dan
input devices yang memungkinkan manusia dapat berinteraksi dengan mudah dengan
komputer.
Software adalah kumpulan dari pada
intruksi atau statement yang di susun secara logis dan berbentuk kode yang hanya dapat di
mengerti oleh komputer. Diantara teknologi informasi yang hampir disetiap
tempat kita temukan software. Sekarang software sangat berkembang pesat hampir
setiap tahun software selalu mengalami perkembangan.. Sedangkan model dan
design dari software itu sendiri juga mengalami perkembangan.
Perkembangan internet banyak sekali manfaatnya dalam segala aspek
kebutuhan sehari-hari masyarakat. Salah satu yang diuntungkan dengan
perkembangan ini adalah proses bisnis. Perkembangan informasi telah melahirkan
proses bisnis baru yang seluruhnya bergantung pada jaringan
internet. Perkembangan ini selain membawa dampak baik namun ternyata juga
membawa dampak buruk. Banyak kejahatan-kejahatan yang berbasiskan internet
terjadi setiap tahunnya. Banyak korban yang tidak menyadari akan dampak negatif
dari pesatnya perkembangan serta kemajuan internet. Kerugian yang terjadi dapat
berupa materi ataupun non materi. Namun kejahatan dalam dunia maya tersebut
bukan ada tanpa pencegah. Berbagai metode keamanan terus dikembangkan untuk
meminimalisir serta dibentuk dan telah diberlakukannya hukum mengenai
Undang-undang mengenai tindak kejahatan yang dikenal sebagai CYBERCRIME ini,
Untuk itu perlu adanya kerjasama antara lembaga aparat penegak hukum dan
masyarakat untuk ikut serta menanggulangi dampak yang ditimbulkan oleh
serangan berbasiskan internet . Berbagai metode pencegahan pun bermunculan dari
yang paling sederhana dengan mewaspadai konten-konten internet tertentu hingga
yang paling rumit, dengan sadar diri untuk hanya melakukkan segala sesuatu
kegiatan/hal yang positif tanpa harus merugikan diri sendiri ataupun orang
lain. Tentunya kita akan tetap bisa mengikuti perkembangan zaman dengan belajar
dari internet dengan sehat dan positif.
B.
Saran
Untuk
kemajuan teknologi computer maka diharapkan agar perkembangan komputer kedepan
mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia
yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kreatifitas hingga menghasilkan
suatu karya yang berguna bagi manusia.
Diharapkan dengan
adanya teknologi komputer dan softwarenya dapat dimanfaat sesuai dengan
kegunaan sebenarnya yang mampu mempercerdas bangsa bukannya untuk menghancurkan
moral moral bangsa. Kemajuan komputer software dimasa mendatang diharapkan
dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga mereka mampu
menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa depan teknologi akan
semakin canggih dan semua pekerjaan dikerjakan dengan system komputerisasi.
DAFTAR PUSTAKA
Software Komputer
Tidak ada komentar: